ikahi_6

MUSDA IKAHI

Jayapura | (24/03) Musyawarah Daerah (MUSDA) IKAHI yang pertama resmi dibuka Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura (H. Arwan Byrin, SH.,MH) Senin tanggal 24 Maret 2014 di Hotel Grand Abe, Jayapura dengan mengusung tema “IKAHI Siap Berperan Mewujudkan Sistem Peradilan Modern menuju peradilan yang agung” yang pesertanya terdiri dari semua Pengurus Daerah dan Utusan Cabang dari empat lingkungan peradilan ditambah dengan peninjau.

 

 

Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan Mars dan Hymne IKAHI serta pengucapan Tri Prasetya Hakim Indonesia dan laporan dari panitia pelaksana MUSDA I IKAHI Daerah Papua dan Papua Barat

 

Ketua Pengadilan Tinggi selaku penasihat dalam sambutan pembukaan MUSDA IKAHI tahun 2014 mengingatkan kembali tentang sambutan Ketua Mahkamah Agung pada MUNAS IKAHI 2013 bahwa MA bersama badan peradilan Indonesia telah berusaha keras melakukan reformasi peradilan di semua lini dengan menggulirkan berbagai kebijakan strategis.  Diantara kebijakan strategis tersebut adalah: implementasi keterbukaan informasi, pemanfaatan teknologi informasi dan peningkatan sistem pendidikan dan pelatihan.

 


 

Hakim adalah figur sentral dalam  mewujudkan badan peradilan yang modern. Hakim bukan hanya sebagai pemutus tetapi harus menjadi manajer dalam mengelola perkara dalam majelis. Dalam kapasitas sebagai manajer ini, hakim harus menguasai teknologi informasi.  Hal ini karena MA telah melakukan institusionalisasi manajemen perkara berbasis teknologi informasi yang di implementasikan dalam aplikasi penyelesaian perkara pada peradilan (CTS di peradilan umum, SIADPA di peradilan agama, SIADPTUN di peradilan TUN dan SIADDILMIL di peradilan Militer”)

 

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno pertama yang pimpin oleh Kresno Rampoloji, SH.,MH (HT PT Jayapura), A.M Yusri Patawari, SHI (Hakim PA Manokwari) dan Mayor (L) Ventje Bulo, SH., M.Hum (Hakim Dilmil Jayapura) membahas tentang  Pemilihan Pimpinan IKAHI Daerah, Laporan Pengurus Daerah, Pembahasan Tata Tertib MUSDA dan Pembentukan Komisi dan setelah Rapat Komisi selesai, dilanjutkan dengan rapat pleno kedua yang menerima dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus lama dan pimpinan rapat mendemisionir kepengurusan lama.

 


 

Setelah  pengesahan program kerja dan pengesahan rekomendasi, Rapat Pleno ketiga dilanjutkan untuk memilih Ketua I dan Ketua II yang dilaksanakan dengan cara musyawarah dan mufakat, terpilih menjadi Ketua I adalah Kita Jenda Ginting, SH (WKPT Jayapura) dan Ketua II adalah Drs Masykur Latuconsina (WKPTA Jayapura) yang selanjutnya membentuk dan menyusun kepengurusan baru IKAHI Daerah Papua dan Papua Barat masa bakti 2014 – 2017.

 


 

Sambutan terakhir dari Penasihat IKAHI Drs Abu Amar, SH.,MH (KPTA Jayapura) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta MUSDA dan Peninjau yang dengan tekun dan penuh perhatian telah mengikuti acara sampai selesai. Ucapan selamat disampaikan pula kepada Pengurus Daerah IKAHI Periode 2014 – 2017 yang baru terpilih, dengan harapan semoga dapat melaksanakan program kerja yang telah diputuskan dalam MUSDA yaitu mewujudkan sistem peradilan modern menuju badan peradilan yang agung di tanah Papua dan Papua Barat dan diakhir sambutannya Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menutup MUSDA I IKAHI Daerah Papua dan Papua Barat. (Redaktur : Andi West Papua)

Leave a Reply