CARA BERPERKARA

I.     Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan
1.    Penggugat / Pemohon datang ke Pengadilan Agama mengajukan Gugatan/ Permohonan secara tertulis atau lisan, bagi yang tidak pandai membaca dan menulis (buta huruf).
2.    Penggugat / Pemohon membayar Panjar Biaya Perkara di Bank Mandiri Syariah yang besarnya sesuai dengan taksiran meja I berdasarkan PP RI No. 53 tahun 2008 dan SK Ketua PA Sorong No. …………tanggal……….. 2012.
3.    Menyerahkan Bukti pembayaran Panjar Biaya Perkara dari Bank Mandiril Syariah ke meja I untuk selanjutnya dibuatkan SKUM dan dimasukkan dalam berkas perkara setelah diberi stempel lunas.
4.    Penggugat /Pemohon mendapatkan 1 surat Gugatan / Permohonan yang telah terdaftar dalam regester induk perkara dikelola oleh meja II.
5.    Penggugat / Pemohon pulang dan menunggu panggilan sidang yang akan disampaikan oleh JuruSita minimal 3 hari kerja sebelum sidang   
Bagi Pemohon atau Penggugat yang tidak mampu (miskin) dapat beracara secara cuma-cuma (prodeo), dengan melampirkan Surat Ketarangan Tidak Mampu dari Kelurahan yang diketahui oleh Camat.

II.    PERSYARATAN MENGAJUKAN GUGATAN/PERMOHONAN PERCERAIAN
1.    Fotocopy Kutipan Akta Nikah / Duplikatnya 1 lembar dan fotocopy KTP Penggugat/Pemohon yang masih berlaku 1 lembar masing-masing fotocopy tersebut diberi materai Rp.6000 dan dileges di Kantor Pos.
2.    Surat Keterangan Ghaib yang dibuat oleh Kepala Desa atau Kelurahan setempat jikaTergugat/Termohon tidak diketahui alamatnya.
3.    Surat Izin dari Atasannya, jika yang mengajukan Gugatan/Permohonan PNS,TNI dan POLRI.
4.    Surat Keterangan Tidak Mampu yang dibuat Kepala Desa setempat dan diketahui oleh Camat atau Kelurahan, Jika yang berperkara miskin.
5.    Surat Kuasa Khusus, jika Penggugat / Pemohon telah menguasakan kepada Pengacara /Advokad, dan Surat Kuasa Insedentil, jika menguasakan kepada keluarga yang disertai dengan Surat Izin berperkara dari KetuaPengadilan Agama Negara..
6.    Membayar panjar biaya perkara di Bank Mandiri Syariah sesuai dengan taksiran Meja I.

Leave a Reply